Minggu, 27 November 2016

Aliran Filsafat Pendidikan: Esensialisme

Berpendapat bahwa sekolah berfungsi sebagai alat untuk memelihara warisan budaya. Sumbangan sekolah bagi perbaikan sosial tergantung pada keberhasilan mewariskan budaya. Sedangkan perenialisme berpendapat bahwa sekolah berfungsi sebagai suatu alat untuk memelihara dan memperbaiki masyarakat. Tetapi tradisi saja tidak cukup, sehingga diperlukan kestabilan yang ditopang oleh agama atau ajaran metafisika. Berbeda dengan ketiga aliran tersebut di atas, rekonstruksionalisme lebih mengutamakan pada pencapaian tujuan pendidikan. Tujuan sosial dalam rangka pembangunan masyarakat sekolah, tidak cukup hanya mengembangkan kemampuankemampuan memecahkan masalah-masalah sosial saja, tetapi lebih dari itu hendaknya mengembangkan kemampuan-kemampuan untuk melakukan pembangunan masyarakat. Sekarang bagaimana pendekatan filsafi terhadap pendidikan, sehingga menghasilkan konsep-konsep yang dapat digunakan dalam rangka memperbaiki dan mengkritisi masalah-masalah pendidikan secara empirik.


SUMBER : Suyitno, Y. 2009. Landasan Filosofis Pendidikan. [Tersedia Online: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEDAGOGIK/195009081981011-Y._SUYITNO/LANDASAN_FILOSOFIS_PENDIDIKAN_DASAR.pdf , diakses pada tanggal 28 November 2016 pukul 12.47 WIB]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar