Prinsip-prinsip yang dapat dan harus dipegang dalam
mewujudkan proses pembelajaran yang efektif meliputi: mengalami, interaksi,
komunikasi, refleksi, mengembangkan keinginan.
Belajar merupakan aktivitas yang dilakukan oleh siswa
dalam rangka membangun makna atau pemahaman. Karenanya, guru perlu memberikan
motivasi kepada siswa untuk menggunakan potensi dan otoritas yang dimilikinya
untuk membangun suatu gagasan. Pencapaian keberhasilan belajar tidak hanya
menjadi tanggung siswa, tetapi guru ikut bertanggung jawab dalam menciptakan
situasi yang mendorong prakarsa, motivasi siswa untuk melakukan kegiatan
belajar sepanjang hayat. Oleh karena itu, dalam mengembangkan kegiatan
pembelajaran guru harus memerhatika beberapa prinsip kegiatan pembelajaran,
sebagai berikut.
1.
Berpusat pada Siswa
2.
Pembalikan Makna Belajar
3.
Belajar dengan Melakukan
4.
Mengembangkan Kemampuan Sosial, Kognitif,
dan Emosional
5.
Mengembangkan Keingintahuan, Imajinasi,
dan Fitrah Bertuhan
6.
Mengembangkan Keteranpilan Pemecahan
Masalah
7.
Mengembangkan Kreativitas Siswa
8.
Mengembangkan Kemampuan Menggunakan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi
9.
Menumbuhkan Kesadaran sebagai Warga Negara
yang Baik
10. Belajar
Sepanjang Hayat
11. Perpaduan
Kemandirian dan Kerja Sama
Prinsip-prinsip pembelajaran efektif lainnya yang dapat dikembangkan adalah: mengalami, interaksi, komunikasi, refleksi, mengembangkan keingintahuan, membangkitkan motivasi peserta didik, tugas yang menantang, pemberian kesempatan belajar, belajar untuk kebersamaan, pengembangan multikecerdasan (Deni Saiful Hamdani, 2010) (dalam Supardi, 2013: 181).
Supardi.
2013. Sekolah Efektif. Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar