Menurut
Johnson dan Rising, Matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan
pembuktian yang logik; matematika itu adalah bahasa yang menggambarkan istilah
yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, representasinya dengan
simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai idea daripada mengenai
bunyi; matematika adalah pengetahuam struktur yang terorganisasikan,
sifat-sifat atau teori-teori itu dibuat secara deduktif berdasarkan kepada
unsur-unsur yang didefinisikan atau tidak, aksioma-aksioma, sifat-sifat, atau
teori-teori yang telah dibuktikan kebenarannya; matematika adalah ilmu tentang
pola, keteraturan atau pola idea; dan, matematika itu adalah suatu seni,
keindahannya terdapat pada keterurutan dan keharmonisannya (Prof. Ruseffendi
E.T. 1990: 2).
Dari
beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa matematika adalah pola
berpikir yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran yang dapat membantu
manusia dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari.
T., Russeffendi E. 1990. Pengajaran
Matematika Modern dan Masa Kini. Bandung: Tarsito.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar