• Seseorang dapat diajarkan
untuk berlatih berpikir tentang etika.
• Suatu konsekuensi dari
tindakan atau kebijakan dalam etika di lingkungan bisa bersifat positif ataupun
bersifat negative
• Kant berpendapat bahwa,
penalaran moral tidak harus mengambil etika lingkungan. Menurut Kant,
pendidikan moral merupakan sesuatu yang benar.
• Kebanyakan ahli teori
kebajikan menekankan bahwa, jika seseorang mengembangkan suatu kebajikan
sebagai disposisi dari karakter di usia dini, maka ia telah dibesarkan dengan
kebiasaan yang benar.
Pentingnya etika
lingkungan untuk nilai pendidikan :
• Etika lingkungan sekitarnya
itu memberikan dukungan untuk apa yang pendidik sedang lakukan.
• Isi formal dari nilai
pendidikan kemungkinan akan bervariasi dari satu masyarakat lain.
Etika Lingkungan
Dalam Pengembangan Kebajikan
• Untuk mengembangkan
kebajikan seseorang mungkin perlu dibesarkan untuk bertindak dengan semacam
cara yang benar
• Satu fakta penting tentang
kebajikan dan keburukan orang adalah, sekali diperoleh, mereka sangat mengakar
• Dalam memperoleh kebajikan,
seseorang harus menjadi rentan terhadap etika atau lingkungannya.
• kebajikan tidak dapat
diperoleh dalam waktu yang singkat, suatu kebajikan harus diperoleh selama
periode panjang.
Kebajikan dan psikologi situasi
•
Mengasumsikan sifat untuk menjelaskan mengapa setiap
orang berperilaku dengan cara yang berbeda dalam situasi tertentu.
•
Pendekatan situasi dalam psikologi sosial
mempertanyakan sejauh mana perilaku individu dan terutama perbedaan antara
perilaku salah satu orang dengan orang lain, dapat dijelaskan dengan ciri-ciri karakter
dari setiap individu atau dari ada dan tidak adanya kebajikan.
Di akhir bab dari buku ini akan menunjukkan dua cara
berpikir tentang tugas pendidikan dalam kaitannya dengan nilai-nilai.
1. Mengambil
perspektif yang berkembang dari
masyarakat: itu melihat pendidikan sebagai salah satu cara dimana
masyarakat dapat memgembangkan dan mempertahankan kualitas etika lingkungan.
2. Mengambil pandangan yang berkembang dari
individu: itu melihat pendidikan sebagai salah satu cara dimana dapat membantu
seseorang untuk menemukan jalan mereka melalui kompleksitas etika lingkungan di
sekitar mereka.Sumber : Haydon, Graham. 2006. Education, Philosphy And The Ethical Environment. New York: Routledge
Tidak ada komentar:
Posting Komentar